Browse By

Profil

Pada awalnya, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) hanya berkedudukan di Jakarta. Didirikan pada 20 Maret 1998 sebagai gugus tugas yang dibentuk oleh sejumlah organisasi masyarakat sipil dan tokoh masyarakat. Gugus tugas ini semula bernama KIP-HAM yang telah terbentuk pada tahun 1996, dibentuk untuk memantau persoalan HAM. Seiring perkembangan organisasi, KontraS mendirikan kantor-kantornya di beberapa daerah, yaitu: KontraS Aceh di Banda Aceh, KontraS Sumatera Utara di Medan, KontraS Sulawesi di Makassar, Kontras Surabaya di Surabaya, KontraS Nusa Tenggara di Kupang, dan KontraS Papua di Jayapura.

KontraS Surabaya adalah organisasi independen yang berpartisipasi dalam membongkar praktik kekerasan dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai akibat dari penyalahgunaan kekuasaan.

Visi

Terwujudnya demokrasi yang berbasis pada keutuhan kedaulatan rakyat melalui landasan dan prinsip masyarakat yang bebas dari ketakutan, penindasan, kekerasan dan berbagai bentuk pelanggaran hak asasi manusia atas alasan apapun, termasuk yang berbasis gender.

Misi

  • Memajukan kesadaran masyarakat akan pentingnya penghargaan terhadap hak asasi manusia, khususnya kepekaan terhadap berbagai bentuk kekerasan dan pelanggaran berat hak asasi manusia sebagai akibat dari penyalahgunaan kekuasaan negara;
  • Memperjuangkan keadilan dan menuntut pertanggungjawaban negara atas berbagai bentuk kekerasan dan pelanggaran berat hak asasi manusia melalui berbagai upaya advokasi;
  • Mendorong secara konsisten perubahan pada sistem hukum dan politik, yang berdimensi penguatan dan perlindungan masyarakat dari bentuk-bentuk kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia.

Nilai-nilai Dasar
Sebagai organisasi, KontraS Surabaya berusaha memegang prinsip-prinsip antara lain adalah non-partisan, non-profit, demokrasi, anti kekerasan dan diskriminasi, keadilan dan kesetaraan gender, serta keadilan sosial.

Alamat Kantor & Kontak :
Jl. Hamzah Fansyuri No.41, RT.07/RW.09, Kel. Darmo,
Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60241
Telp. (031) 99540400
officekontras@gmail.com